0
Hai.. Assalamwalaikum.
Tak Kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta, begitu kira-kira kata pepatah.
Pada kesempatan kali ini saya akan memperkenalkan apa itu Codeigniter .
Dikutip dari laman resminya https://codeigniter.com/

2006: CodeIgniter lahir. CodeIgniter adalah framework PHP open source yang kuat dengan jejak yang sangat kecil, diciptakan oleh Rick Ellis pada tahun 2006. CodeIgniter lahir dari ExpressionEngine, pada dasarnya koleksi kelas refactored yang aslinya ditulis untuk EllisLab andalan CMS. Dilucuti dari fungsi khusus aplikasi, CodeIgniter dibuat menjadi toolkit yang sederhana dan elegan, memungkinkan pengembangan yang cepat dari kedua situs web dan aplikasi web, menarik ribuan pengembang PHP yang berbakat.

2008: Pemimpin industri. Dalam lingkungan yang sekarang jenuh dengan kerangka kerja PHP, CodeIgniter adalah untuk waktu yang lama satu-satunya pilihan yang solid untuk pengembang yang tinggal di dunia nyata dari akun shared hosting dan klien dengan tenggat waktu. CodeIgniter terbang di hadapan kerangka kerja yang sangat besar dan benar-benar tidak terdokumentasi, memimpin pencipta PHP Rasmus Lerdorf, kritikus kerangka kerja yang terang-terangan, untuk memuji CodeIgniter.

2009: ExpressionEngine 2.0. Pada tahun 2009, EllisLab meluncurkan ExpressionEngine 2.0, dibangun kembali pada kerangka CodeIgniter. Basis kode fleksibel ini memungkinkan pengembang pihak ketiga untuk lebih mudah membangun alat dan add-on yang kuat untuk ExpressionEngine, yang menghasilkan ledakan bakat berkualitas tinggi dalam komunitas ExpressionEngine.



2014: Penatalayanan BCIT. Pada tahun 2014, EllisLab memberikan kepemilikan CodeIgniter kepada British Columbia Institute of Technology, di mana ia dapat terus tumbuh dan berkembang di tangan lembaga pendidikan yang sangat terhormat. Dimasukkan langsung ke dalam kurikulum mereka, BCIT telah mengubah CodeIgniter dari "hanya" alat untuk pengembang PHP ke laboratorium hidup, membangun generasi pengembang berbakat berikutnya.

Saat tulisan ini di posting, versi codeigniter sendiri sudah mencapai versi 3.1.9 
yang di rilis tanggal 12 Juni 2018 .
Changes: Updated the Email, Form Validation and Query builder libraries.

Security fixes: Session library and URL helper.


Untuk mencobanya anda hanya harus mendownloadnya disini Codeigniter-3.1.9.zip
Oya nantikan juga kita akan belajar membuat website dengan menggunakan codeigniter
Wasalamm..

Posting Komentar

Not spam, Sara, Politik, Dan Vulgar

 
Top